Makanan Panggang Bebas Kanker

Makanan Panggang yang Bebas Kanker
Merry Wahyuningsih – detikHealth
Ilustrasi (Foto: CNN)
Jakarta, Makanan yang dibakar atau dipanggang sering dituding sebagai penyebab kanker karena menghasilkan zat karsinogen (penyebab kanker). Meski begitu, makanan seperti ikan dan daging panggang tetap digemari banyak orang.


Bagaimana membuat makanan yang dibakar atau dipanggang tetap sehat dan aman dari kanker?
Makanan berprotein seperti ikan dan daging yang dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang dapat menghasilkan dua jenis senyawa kimia yang dapat menyebabkan kanker, yaitu heterocyclic amine (HCA) dan heterocyclic amine(PAH).
HCA yang terbentuk ketika daging dimasak dengan suhu tinggi (bakar, panggang dan goreng) dan juga ditemukan dalam asap rokok, telah terbukti menyebabkan kanker pada organ seperti perut, usus besar, hati dan kulit.
Sedangkan PAH terbentuk ketika cairan pada daging menetes ke permukaan bara yang panas dan menimbulkan asap. Asap ini mengandung karsinogen, yang didepositkan ke permukaan daging.
“Tapi risiko yang ditimbulkan dari kedua zat ini tidak bisa serta merta membuat kita membuang jauh-jauh peralatan barbekyu (panggangan),” ujar Colleen Doyle, direktur nutrisi dan aktivitas fisik untuk American Cancer Society, seperti dilansir dari CNN, Senin (5/7/2010).
Menurutn Doyle dan Meyers, ahli gizi di Dana-Farber Cancer Institute, ada cara untuk meminimalkan risiko karsinogen pada saat membakar atau memanggang makanan, yaitu:
  1. Bersihkan panggangan sebelum memasak dan buang semua puing-puing hangus yang mungkin bisa melekat pada makanan.
  2. Masak makanan terlebih dahulu (direbus dengan bumbu) sebelum dipanggang untuk mengurangi PAH.
  3. Tempatkan daging di microwave listrik selama 60 detik (untuk potongan sedang) dan 90 detik (untuk potongan tebal dan berlemak). Hal ini mengurangi jumlah waktu panggangan yang memungkinkan terbentuk PAH.
  4. Menambahkan bumbu tertentu juga dapat membuat makanan lebih aman, seperti cuka atau lemon, yang bertindak sebagai perisai ‘tak terlihat’ untuk mengubah keasaman daging dari pelekatan dan untuk mencegah PAH.
  5. Jika memungkinkan, makanan yang dipanggang atau dibakar hendaknya adalah sayuran atau buah, bukan daging.
  6. Menggunakan pembungkus seperti aluminium foil akan membantu mengurangi asap dengan mengurangi tetesan daging yang menetes ke bara.
  7. Memasak dengan gas alam atau propane grill dapat mengurangi polusi asap.
Sumber : Detik Health
Tahitian Noni untuk Menangani Kanker
Berikut beberapa Paten manfaat dari Tahitian Noni Bioactive Bevearge untuk berbagai penyakit kanker :
ANTINEOPLASTIC
Anti Pembentukan Jaringan Baru
Cancer Preventive Effect of Morinda citrifolia . International Publication Number WO 02/45654. Su, Chen et al. PCT 2002; p.1-20.
Pencegahan Kanker
Morinda citrifolia – Based Information for Inhibiting Metastasis of carcinogenic cells. International Publication Number WO 2004/098514. Su Chen et al. PCT 2004; p.1-32.
Penghambat Metastatis Sel Karsinogenik
Anti-Angiogenesis Effect of Morinda citrifolia . International Publication Number WO 2004/041186. Palu, Afa et al. PCT 2004; p.1-24.
Anti pembentukan pembuluh darah yang abnormal terkait kasus kanker
Inhibition of Angiogenesis and Destruction of Angiogenic Vessel with Extracts of Noni Juice (Morinda citrifolia ). International Publication
Number WO/020296. Woltering Eugene et al. PCT 2003; p.1-47.
Noni Juice dapat menghambat terjadinya Angiogenesis dan merusak pembuluh darah Angiogenik
Morinda citrifolia L. Based Formulations for Inhibiting Matrix Metalloproteinase Enzymes. United States Patent Application Ser. No. 20070184137. Palu, Afa et al. USPTO 2007
Menghambat enzim metalloproteinase yang dapat menyebabkan tumor
Synergistic Cancer Prevention Effect of Morinda citrifolia . International Application Number 2004/029896. Wang, Mian et al. PCT 2004; p.1-21.
Mencegah kanker
Preventative Effect of Morinda citrifolia on Mammary Breast Cancer. International Publication Number WO 2005/048919. Wang, Mian et al.PCT 2005; p.1-17.
Mencegah kanker payudara
Formulation and Methods for Treating Breast Cancer with Morinda citrifolia and Methylsulfonymethane. International Publication Number WO 2005/025410. Wang, Mian et al. PCT 2005; p.1-41.
Pengobatan dan pencegahan kanker payudara
Preventative and treatment effects of Morinda citrifolia as colon cancer cell growth inhibitor. United States Patent Application Ser. No. 7,070,813. Jasen, Jarake et al. USPTO 2006.
Mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker usus
Preventative and Treatment Effects of Morinda citrifolia as an Aromatase Inhibitor. United States Patent Application Ser. No. 10/396,868. Palu, Afa et al. USPTO 2004; p.1-48.
Menghambat pembentukan enzim Aromatase terkait dengan penyakit yang berhubungan dengan hormon estrogen
Method for Treating Carbon Tetra-Chloride Induced Liver Damage by Administering Morinda citrifolia . United States Patent Application Ser. No. 20030086990. Jensen Jarake et al. USPTO 2003; p.1-12.
Mengobati kerusakan liver akibat paparan CCl4 dari pestisida, fumigan, pernis, dll.
Prostate Cancer. Patent pending in US (not yet publish).
Kanker Prostat
Extract of the Noni Plant are Listed as Useful for Treatment of Cancer of the Stomach and Liver. JP 8208461. (not yet publish).
Ekstrak tanaman Noni untuk pengobatan kanker lambung dan liver

Tidak ada komentar: